Waspada Bahaya Zat Karsinogenik bagi Kesehatan, BPA Salah Satunya

Tanpa disadari, di sekitar kita terdapat zat karsinogenik yang bisa memicu kanker. Zat tersebut bisa masuk ke tubuh lewat berbagai cara, mulai dari makanan, minuman, sampai udara. Maka dari itu, penting untuk mengetahui macam-macam zat karsinogenik supaya lebih waspada.

Apa itu zat karsinogen?

Melansir dari GoodRx Health, karsinogen adalah zat yang bisa menjadi salah satu penyebab kanker. Kamu bisa menemukannya melalui udara, produk, atau bahan kimia dalam makanan dan minuman. Namun, kontak dengan karsinogen bukan berarti kamu lantas akan terkena kanker. Sebab, penyakit tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya gen dan paparan zat karsinogenik yang tinggi.

Macam-macam zat karsinogenik

1. Sinar ultraviolet

pexels.com/Lukas

Studi menunjukkan bahwa sinar ultraviolet, contohnya dari sinar matahari, bisa diserap ke dalam kulit dan merusak sel. Maka dari itu, gunakan sunscreen, topi, atau kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan yang terpapar matahari. Selain itu, hindari matahari di tengah hari karena di waktu tersebut matahari sedang terik-teriknya. Nah, risiko kanker kulit muncul ketika terlalu banyak paparan sinar ultraviolet.

2. Alkohol

pexels.com/Prem Pal Singh Tanwar

Semakin banyak konsumsi alkohol, semakin besar pula peluangmu untuk terkena kanker. Hal itu disebabkan karena alkohol mengandung zat kimia karsinogenik yang dihasilkan saat pembuatannya. Bahan kimia tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada DNA, hormon, sampai peningkatan kadar estrogen. Jenis kanker yang sering dikaitkan dengan konsumsi alkohol adalah kanker hati, kanker payudara, dan kanker esofagus.

3. Polusi

pexels.com/Pixabay

Udara yang tercemar bisa mengandung debu, sisa logam, dan pelarut yang bisa menyebabkan kanker. Meskipun polusi tida bisa dihindari, tetapi kamu bisa berkontribusi untuk menguranngi polusi dengan berjalan kaki atau bersepeda daripada mengendarai kendaraan bermotor. Selain itu, tetaplah di rumah saat kualitas udara sedang butuk.

4. Daging olahan

pexels.com/Pixabay

Daging olahan yang diawetkan dengan bahan kimia dan dimasak dengan panas tinggi bisa menghasilkan amina polisiklik dan amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Contoh daging olahan tersebut adalah sosis, pepperoni, dan salami. Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi daging olahan dan menggantinya dengan daging yang fresh. Sebab, lebih dari 800 studi menunjukkan bahwa daging yang diawetkan bisa meningkatkan peluang terkena kanker usus besat.

5. Bisphenol A (BPA)

pexels.com/mali maeder

BPA atau bisphenol A merupakan bahan kimia sintetis yang bisa mengganggu endokrin dalam tubuh. Biasanya, BPA ditemukan dalam botol minum hingga kaleng makanan. Sayangnya, paparan BPA tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, karena bersifat karsinogenik. BPA dikaitkan dengan kanker payudara, kanker endometrium, sampai kanker ovarium. Maka dari itu, penting untuk memilih air minum BPA free seperti Cleo Pure Water. Dengan jaminan 100% BPA free dari Cleo, kamu tidak perlu khawatir dengan berbagai risiko penyakit di atas.

6. Formaldehida

pexels.com/Maria Geller

Bahan kimia formaldehida biasanya ditemukan di kayu lapis, beberapa kain, dan berbagai furnitur rumah tangga. Sebuah percobaan menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja di sekitar barang yang mengandung formaldehida bisa menyebabkan kanker. Maka dari itu, kamu perlu mencari tahu apakah barang-barang kayu atau furnitur di rumahmu mengandung zat satu ini. Untuk menanggulanginya, buat sirkulasi yang bagus di rumahmu atau jaga kelembapan dengan AC maupun dehumidifier.

7. Memasak sampai kecokelatan

unsplash.com/Louis Hansel

Menurut WebMD, memasak makanan bertepung sampai cokelat bisa menciptakan karsinogen. Misalnya, saat kamu menggoreng kentang atau memanggang roti sampai cokelat. Sebab, panas tinggi bisa membuat makanan menjadi cokelat yang menyebabkan terbentuknya zat akrilamida. Zat tersebut dalam dosis tinggi bisa meningkatkan risiko kanker. Maka dari itu, sebaiknya kamu menggoreng makanan atau memanggang roti tidak secara berlebihan, cukup sampai kekuningan saja.

Itulah macam-macam zat karsinogen yang bisa ditemukan melalui makanan, udara, sampai air minum. Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk menjaga tubuh dari paparan zat karsinogen penyebab kanker, salah satunya dengan memilih air minum BPA free yakni Cleo Pure Water.

Sumber:

https://www.goodrx.com/health-topic/environmental/10-carcinogen-examples
https://www.webmd.com/cancer/know-common-carcinogens
https://link.springer.com/article/10.1007/s11356-021-13071-w#:~:text=BPA%20may%20be%20anticipated%20as,Environmental%20Protection%20Agency%20for%20BPA.