Mineral Anorganik Bisa Mencemari Air Minum, Begini Efeknya untuk Kesehatan

Mineral merupakan zat yang terbentuk dari batuan atau tanah yang terdiri dari mineral yang bermanfaat, seperti kalsium dan magnesium hingga yang beracun seperti timbal, arsenik, dan aluminium. Semua zat tersebut bisa ditemukan dalam air dengan kadar yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan mineral yang berbahaya pada air minum yang kita konsumsi menjadi air murni. Sebab, mineral harus dalam bentuk yang bisa diserap oleh tubuh yang disebut dengan mineral organik. Jika tidak, bahaya mineral anorganik bisa mempengaruhi kesehatan. 

Apa itu mineral anorganik?

pexels.com/Pixabay

Melansir dari Nelsonwater, zat anorganik terdiri atas mineral dan bahan yang tidak pernah hidup, belum terikat dengan karbon, dan tidak bisa menghidupkan sel. Padahal, tubuh akan memperlakukan bahan atau logam tersebut seperti racun. Dengan begitu, mineral anorganik tidak mudah terurai dan elektron di dalamnya tidak sinkron dengan tubuh manusia. 

Oleh karena itu, air minum perlu disaring lebih murni agar tidak ada zat bahaya mineral anorganik yang masuk. Seperti air murni Cleo yang diproses dengan teknologi nano filter. Sistem penyaringan tersebut menggunakan teknologi modern yang dapat menyaring air hingga tak ada zat lain yang masuk.

Apa perbedaan antara mineral organik dan mineral anorganik?

pexels.com/Jill Burrow

Mineral organik terdiri dari unsur yang terikat pada atom karbon.  Mineral tersebut elektronnya berputar searah jarum jam sehingga sel di dalamnya bisa membentuk ikatan ionik dengan tubuh dan bisa membantu fungsi tubuh. 

Zat tersebut berfungsi sebagai alat untuk metabolisme sel dalam tubuh, fungsi saraf dan otot, mengatur keseimbangan cairan, pertumbuhan jaringan ikat, serta untuk mengontrol kesehatan dan pertumbuhan tulang. 

Sementara mineral anorganik belum terikat dengan karbon dan tidak bisa menghidupkan sel. Elektron di dalamnya juga berputar berlawanan arah jarum jam sehingga tidak sinkron dengan tubuh manusia.  Hal itulah yang menyebabkan bahaya mineral anorganik pada tubuh manusia. 

Mineral yang berbahaya ini diambil saat air mengalir melalui tanah. Hal itu tidak bisa dimanfaatkan oleh manusia dan hewan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk tanaman. Namun, mineral anorganik yang masuk ke dalam  air minum tidak dapat membantu dan bahkan justru merugikan. 

Sebab, bahan kimia anorganik tidak bisa diserap menjadi nutrisi ke dalam dinding sel dan justru disimpan ke tempat lain dalam tubuh. Hal itulah yang akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.