Lebih Sehat, 10 Manfaat Minum Air Murni untuk Kesehatan Ini Perlu Kamu Tahu!

Mengonsumsi air minum sangat penting untuk kesehatan kita. Sebab, sebagian besar kebutuhan cairan dipenuhi melalui air minum. Di antara jenis minuman yang bisa dikonsumsi, manfaat minum air putih lebih baik karena mengandung nol kalori. 

Meskipun tidak ada jumlah air yang ditentukan harus dikonsumsi setiap hari, tetapi tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Namun, memilih air yang tidak murni bisa menyebabkan diare, masalah pencernaan, dan masalah lainnya. 

Jadi, penting untuk memilih air minum murni yang memiliki kandungan hidrogen dan oksigen di dalamnya. Manfaat minum air murni ada beragam, mulai dari memberikan oksigen sampai membantu penurunan berat badan.

Cleo Pure Water sebagai air murni telah melewati proses penyaringan dengan memanfaatkan teknologi nano filter. Teknologi tersebut bisa memurnikan hingga 20x lebih murni sehingga tidak mengandung mineral anorganik. Oleh karena itu, berbagai manfaat air minum murni berikut ini bisa kamu rasakan. 

1. Mengatur suhu tubuh

unsplash.com/Kelly Sikkema

Manfaat minum air murni yang pertama adalah bisa mengatur suhu tubuh. Melansir dari Svalbardi, suhu tubuh adalah ukuran kapasitas tubuh manusia untuk mengatur panas internal. Air yang tersimpan di lapisan kulit muncul ke permukaan sebagai keringat saat tubuh memanas. Sementara itu, air akan menguap untuk mendinginkan tubuh. Ketika air dalam tubuh terlalu sedikit, maka penyimpanan panas akan meningkat pula. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan air sangat penting untuk pengaturan suhu tubuh, terutama selama aktivitas fisik yang berat atau saat demam.

2. Memberi oksigen ke seluruh tubuh

unsplash.com/GLOBENCER

Selanjutnya, manfaat minum air putih yang murni sangat penting untuk membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Sebab, darah dalam tubuh kita lebih dari 90 persen terdiri dari air. Oksigen yang diserap melalui paru-paru terikat pada sel darah merah yang terlarut dalam plasma. Plasma terdiri dari 90 persen air yang membawa nutrisi ke semua sel. Jadi, memenuhi kebutuhan asupan air harian diperlukan untuk membuang limbah dan mengangkut oksigen dan nutrisi tersebut. 

3. Melumasi sendi pada tulang

unsplash.com/CHUTTERSNAP

Melansir dari Medicalnewstoday, tulang rawan yang berada di persendian dan cakram tulang belakang mengandung sekitar 80 persen air. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami dehidrasi dalam jangka panjang dapat mengurangi kemampuan sendi menyerap goncangan. Hal itu menyebabkan timbulnya nyeri sendi hingga kerapuhan tulang. 

4. Mendorong penurunan berat badan

pexels.com/Ivan Samkov

Berbeda dengan minuman manis atau bersoda yang mengandung banyak gula sehingga bisa menambah berat badan, meminum air murni justru membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena air tersebut membantu metabolisme tubuh agar berfungsi dengan baik. Saat meminum air, dahaga dan keinginan untuk memakan camilan menjadi berkurang. 

5. Mencegah dan mengobati sakit kepala

unsplash.com/Sander Sammy

Dehidrasi akibat kekurangan minum air bisa memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Nah, manfaat minum air murni adalah bisa membantu meredakan sakit kepala akibat dehidrasi tersebut. Studi menunjukkan bahwa wanita yang minum lebih banyak air sekitar 2 liter per hari bisa mengurangi frekuensi serangan migrain.

6. Memengaruhi fungsi otak

unsplash.com/Hal Gatewood

Melansir dari Healthline, manfaat minum air putih selaras dengan kinerja otak. Studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun bisa merusak banyak aspek fungsi otak. Dalam sebuah penelitian pada wanita muda, kehilangan cairan sebanyak 1,4 persen setelah berolahraga bisa mengganggu suasana hati dan konsentrasi. Bahkan, hal itu bisa menungkatkan frekuensi sakit kepala. 

7. Membuat kulit menjadi lebih sehat

pexels.com/Daniel Xavier

Air bisa memberikan manfaat untuk kulit menjadi tampak lebih sehat. Sebab, air meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit sehingga menjadi lebih kenyal dan bersih. Dalam kondisi cuaca yang kering, minumlah lebih banyak air agar bisa meregenerasi sel kulit sehingga wajah terlihat lebih bercahaya.

8. Melancarkan sistem pencernaan

pexels.com/cottonbro studio

Usus sebagai organ pencernaan membutuhkan air supaya bekerja dengan baik. Jika seseorang mengalami dehidrasi, maka hal itu bisa menyebabkan masalah sembelit, bahkan meningkatkan risiko sakit maag karena perut yang terlalu asam. Air murni juga bisa bermanfaat bagi mereka yang mengalami sembelit karena kaya akan magnesium dan sodium. Kandungan tersebut bisa meningkatkan frekuensi buang air besar pada orang yang kontipasi, terutama bagi mereka yang umumnya tidak minum cukup air.

9. Meningkatkan performa fisik 

pexels.com/Pixabay

Performa fisik sangat dipengaruhi oleh hidrasi dalam tubuh. Manfaat minum air putih murni untuk performa fisik tersebut berasal dari mineral dan elektrolit yang terkandung di dalamnya. Saat beraktivitas, tubuh harus tetap terhidrasi agar suhu tubuh tetap dingin dan otot terlumasi.

10. Mencegah kerusakan ginjal

freepik.com/jcomp

Terakhir, manfaat minum air putih murni bisa mencegah kerusakan ginjal karena air mengatur cairan dalam tubuh. Ginjal merupakan organ yang mengatur tekanan darah, mempertahankan kadar air, serta menyaring limbah dalam tubuh. Apabila tubuh terhidrasi dalam jumlah yang cukup, maka itu akan melindungi dari pembentukan batu ginjal. Bahkan, asupan air murni juga bisa membantu mencegah kambuhnya orang yang sebelumnya menderita batu ginjal.

Untuk mendapatkan keseluruhan manfaat air murni di atas, Cleo Pure Water menjadi salah satu produk air murni kepercayaan masyarakat. Dengan menggunakan teknologi penyaringan nano filter, mampu memurnikan air hingga 20x lebih murni. Itulah mengapa Cleo terasa ringan dan aman dikonsumsi sehari-hari, bahkan pada ibu hamil sekalipun.