Apa itu Plastik PET? Ketahui Kegunaan, Manfaat, dan Keunggulannya!

Banyak orang belum mengetahui bahwa kemasan plastik dalam minuman dan makanan memiliki jenis yang berbeda-beda. Jenis plastik itu biasanya terdapat dalam bawah kemasan dengan keterangan angka tertentu. Di antara berbagai jenis plastik, ada yang aman dan ada pula yang tidak disarankan untuk digunakan. Salah satu jenis plastik yang aman dan sering digunakan untuk kemasan minuman adalah plastik PET seperti yang digunakan dalam kemasan air minum Cleo Pure Water.

Apa itu plastik PET?

unsplash.com/charlesdeluvio

Melansir dari American Beverage, plastik PET atau polyethylene terephthalate adalah nama sejenis plastik bening yang kuat, ringan, dan 100% dapat didaur ulang. Berbeda dengan jenis lainnya, plastik PET tidak sekali pakai. Maka dari itu, botol plastik PET sering dipakai sebagai botol minuman. Hal itu membuat jenis plastik ini unik dan berharga. Sebab, PET bisa dilebur dan dipintal menjadi serat dan bisa didaur ulang menjadi seperti fungsi aslinya.

Karakteristik plastik jenis ini adalah ringan, aman, dan tahan lama. Meski kuat, tetapi plastik PET agak lentur dan tidak mudah sobek. Di dalamnya juga mengandung karbon yang lebih kecil daripada bahan alternatif lainnya. Maka dari itu, penggunaan plastik PET akan berdampak signifikan pada lingkungan dan ekonomi.

Kegunaan dan manfaat plastik PET

unsplash.com/Teslariu Mihai

Tanpa disadari, kamu mungkin sering menemukan jenis plastik PET di rumah. Sebab, PET sering dipakai untuk botol air, wadah sampo, botol soda, sampai gelas plastik. Bukan hanya itu saja, jenis plastik PET terkadang juga dipakai sebagai wadah selai, wadah vitamin, sampai wadah microwave.

Plastik jenis ini banyak dipakai sebagai kemasan botol dan galon air minum, salah satunya adalah kemasan air minum dari Cleo Pure Water. Meurut Resin Identification Code (RIC) The Society of Plastic Industry (SPI), jenis plastik ini merupakan jenis yang paling mudah didaur ulang dengan kode angka 1.

Sejarah plastik PET

botol BPA
unsplash.com/ Jonathan Chng

Plastik PET dikembangkan di laboratorium Inggris oleh Calico Printers Association pada tahun 1940. Mereka kemudian diberikan ha paten usaha pada tahun 1941. Kemudian, penggunaan PET pertama kali dimulai di Amerika Utara pada pertengahan tahun 1940-an oleh sekelompok ilmuan DuPont. Setelah itu, pada tahun 1970-an PET digunakan dalam banyak kemasan seperti dalam botol plastik saat ini. Jenis plastik tersebut dibuat dari mono etilen glikol (MEG) dan asam tereftalat yang dimurnikan (PTA). Bahan tersebut berasal dari minyak mentah dan gas alam.

Keunggulan plastik PET

Dibandingkan dengan aneka jenis plastik lainnya, PET memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Produksi plastik PET membutuhkan lebih sedikit energi daripada alternatif lainnya
    Pengemasan dengan plastik PET memerlukan lebih sedikit bahan bakar untuk transportasi karena sifatnya yang ringan. Hal itu juga berkontribusi untuk menurunkan emisi karbon.
  • Plastik PET ringan, kuat, dan tahan lama
    Botol PET kini semakin ringan dengan berat 40% lebih ringan daripada tahun 2000 lalu.
  • Plastik PET bisa didaur ulang tanpa batas
    Keunikan dari jenis plastik ini adalah bisa didaur ulang tanpa batas. Bahkan, plastik PET yang sudah didaur ulang bisa dibuat menjadi produk baru sehingga mengurangi emisi. Sebab, produk PET daut ulang menunjukkan penurunan emisi CO2 sampai 90% dibandingkan PET murni.

Apakah plastik PET aman digunakan?

pexels.com/pexels.com/

Sejak tahun 1940, FDA dinyatakan aman digunakan untuk segala jenis makanan dan minuman. Beberapa penelitian pun telah mengonfirmasi keamanan PET sebagai kemasan makanan. Sebab, jenis plastik ini tidak menganding BPA atau Bisphenol-A yang berbahaya bagi kesehatan.

PET tidak mengeluarkan kontaminan ke lingkungan sehingga tidak berdampak langsung pada bumi. Perlu kamu ingat, jenis plastik ini juga memiliki kemampuan daur ulang , Bahkan, tak jarang PET juga digunakan sebagai alat pelindung diri (APD) yang digunakan para tenaga medis.

Dengan kemasan yang dapat didaur ulang dan kekuatan plastik PET, kamu tidak perlu khawatir mengenai kualitas air minum Cleo Pure Water. Di dalamnya pun tidak mengandung BPA yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi, produk minuman kemasan Cleo Pure Water 100% aman dan 100% dapat didaur ulang.

Sumber:

https://budgetbranders.com/blog/what-is-pet-plastic/
https://www.recycletheone.com/what-is-pet
https://omnexus.specialchem.com/selection-guide/polyethylene-terephthalate-pet-plastic