7 Manfaat Pola Hidup Sehat untuk Kesehatan Fisik, Mental, dan Sosial

Manfaat pola hidup sehat sangat terasa terutama saat kasus Covid-19 mulai naik. Para dokter pun menyarankan untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh kuat melawan virus corona. Mulai dari rutin mencuci tangan, makan makanan bergizi, mengurangi stres, olahraga, dan cukup beristirahat.

Kini pandemi mulai sedikit membaik, anak sekolah dan pekerja dapat beraktivitas dengan tatap muka di sekolah atau kantor. Karenanya tidak ada salahnya terus meneruskan pola hidup sehat, bahkan jika pandemi berakhir sekalipun. 

Kali ini Anda akan mengetahui manfaat pola hidup sehat terutama saat kita harus berkegiatan dengan tatap muka.

Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat

Melansir dari situs bbc.co.uk, kesehatan yang baik meliputi semua aspek kehidupan, mulai dari kesehatan fisik, mental, hingga sosial. Jadi tidak semata bebas dari penyakit saja.

Karenanya, pola hidup sehat seharusnya meliputi banyak hal. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga, manajemen stres, menghindari rokok dan alkohol, serta memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Berikut ini adalah manfaat melakukan pola hidup sehat: 

1. Mencegah dari Berbagai Jenis Penyakit

Hal paling mendasar yang akan Anda rasakan ketika menjalankan pola hidup sehat tentu adalah berkurangnya risiko terkena berbagai penyakit. Termasuk penyakit bawaan yang mungkin diturunkan dari keluarga.

Hal ini sesuai dengan penelitian dilakukan oleh American College of Physicians pada Mei 2020 lalu, terhadap 326 orang dewasa berusia sekitar 45 tahun. 

Para peserta diminta mengikuti diet kebiasaan Amerika, yaitu kaya buah-buah dan sayuran dalam jangka waktu 8 minggu. Hasilnya menunjukkan penurunan risiko untuk penyakit kardiovaskular. 

Menurut Dr. Dimas Rahadian dosen ilmu dan teknologi pangan Universitas Sebelas Maret, kebiasaan pola makan yang baik akan berbanding lurus dengan daya tahan tubuh yang baik.

Manfaat pola hidup sehat di masa pandemi juga sangat terasa. Pola makan yang tidak baik dapat menyebabkan penyakit diabetes, dengan risiko kematian tinggi saat terkena Corona. 

Sebaliknya mereka yang daya tahan tubuhnya baik, akhirnya tidak mengalami gejala apa pun saat terkena corona atau tanpa gejala.

2. Menghemat Pengeluaran

Ketika sakit, tentu Anda harus membayar lebih untuk membiayai kesembuhan Anda. Mulai dari rawat inap, kontrol dokter, obat, dan lainnya. Ketika Anda sehat, salah satunya karena telah membiasakan pola hidup sehat, maka Anda tidak perlu merogoh kantong untuk pengeluaran tersebut.

Akhirnya dengan hidup sehat Anda akan menjadi lebih hemat.

3. Baik untuk Kesehatan Mental

Selain fisik, kebiasaan hidup sehat juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Olahraga teratur dapat mengurangi stres, mempertajam daya ingat, dan membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Tidak perlu olahraga berlebih, cukup melakukan olahraga ringan seperti lari atau jalan kaki akan memberikan manfaat yang nyata untuk kesehatan mental Anda. Karenanya, untuk mendapatkan manfaat pola hidup sehat dari segi mental, mulailah untuk merencanakan jadwal olahraga rutin.

4. Daftar Kehadiran di Sekolah atau Kantor Penuh

Saat Anda sehat, tentu Anda akan lebih sering untuk masuk kerja atau sekolah. Manfaat pola hidup sehat di sekolah adalah siswa akan jarang tidak hadir karena sakit.

Sehingga ini akan memaksimalkan kesempatan Anda untuk bisa lebih berkembang, baik di kantor maupun sekolah. 

5. Memiliki Waktu Istirahat yang Lebih Berkualitas

Saat sehat, seluruh bagian tubuh akan menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Termasuk di dalamnya adalah ketika kamu beristirahat, kamu tidak akan mengalami gangguan tidur seperti insomnia, dan lainnya. Tentu ini berkaitan erat dengan pola hidup sehat yang kamu jalankan. 

Saat kamu mencoba untuk menerapkan diet sehat, berhenti minum alkohol, olahraga rutin, maka kualitas tidur pun akan dapat kamu rasakan.

6. Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu kebiasaan hidup sehat yang dapat Anda terapkan adalah banyak minum air putih. Ketika Anda banyak minum air putih, ini akan membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak terlalu sering jajan.

Penelitian yang dilakukan terhadap orang dewasa, menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat menyebabkan penurunan berat badan, bahkan hingga 2 kg.

7. Memiliki Kehidupan yang Lebih Teratur

Dengan membiasakan hidup sehat berarti Anda telah merencanakan kehidupan yang lebih teratur. Mulai dari jam tidur, olahraga, hingga makanan apa saja yang akan Anda makan.

Dengan begitu kehidupan Anda akan lebih tertata dan teratur dan tentu dengan keadaan mental yang lebih terjaga.

Salah satu kebiasaan sehat yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan banyak minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Pilihlah air minum sehat yang terjaga kemurniannya. 

Salah satunya adalah Cleo, yang berasal dari sumber mata air berkualitas dengan teknologi nano filter. Teknologi ini membuat air minum selalu terjaga kemurniannya dan terbebas dari mineral anorganik yang tidak diperlukan tubuh.

Meski kelihatan berat, yang paling penting dari menjalankan pola hidup sehat adalah dengan berani memulainya. Setelah itu Anda hanya perlu melanjutkannya pada hari berikutnya hingga tak terasa telah terbiasa melakukannya. Rasakan manfaat pola hidup sehat, begitu Anda menetapkan untuk memulai hidup sehat.